Kurt Cobain

Bookmark and Share
Kurt Cobain lahir, hidup dan dibesarkan di pinggiran kota Seattle, dengan nama Kurt Donald Cobain.
Masa kecil hidupnya pada awalnya cukup menyenangkan, sesuai dengan hidup kebanyakan anak kecil pada masanya. Orang tuanya sendiri termasuk tipikal common people di Amerika, pekerja kelas menengah, dengan gaya hidup biasa, dandanan biasa ... seperti ayahnya yang selalu bergaya ala Buddy Holly. Pada intinya salah satu fase Kurt masa kecil adalah Kurt yang bahagia yang doyan musik pop dan hal hal populer lainnya. Namun dalam keluarga besar Kurt sendiri sudah membawa benih benih suicide. Beberapa kerabatnya, salah satunya yaitu paman si Kurt sendiri meninggal dengan cara menembak kepalanya memakai shoot gun. Dan kelak fenomena ini dikatakan oleh Kurt sebagai suicide gen.
Ia sendiri adalah seorang yang putus sekolah. Ia menghabiskan hari dengan bercanda bersama teman temannya, mabuk dengan menggunakan berbagai hal hal yang ditemuinya [bayangkan sendiri ya], serta bekerja sebagai pembersih kolam renang dan kandang anjing. Kurt yang mulanya adalah seorang poppies, kemudian mulai mendengarkan musik metal sebagai bentuk sublimasi kemarahannya. Dan di kemudian hari karena berbagai hal, ia membenci musik metal dan kemudian terjebak untuk hidup bohemian di kultur punk. Berbagai pengaruh musik dalam hidupnya seperti hal2 sentimentil ala poppies, distorsi berat dan kemarahan ala metal, dan pemberontakan dan kebebasan ala kaum punk, yang di kemudian hari mengental dalam lagu lagu Nirvana, dan menjadi salah satu ciri khas yang memaksa kaum kritisi musik Inggris menyebutnya sebagai "grunge" [bahasa Jermannya berarti babi]. Dan di buku More Than Noise - Philosophy of Punk, menuliskan bahwa Nirvana adalah produk akhir dari kultur punk yang sebenar benarnyasemenjak itu gak ada lagi punk yang bener bener punk di Amerika


Sebab utama Cobain meninggal pernah ditulis majalah Hai yang ngomong Cobain bunuh diri karena mentalnya gak bisa nerima kenyataan keterkenalannya dia. tapi versi lain mengatakan,Cobain meninggal karena traumatic mentalnya yang semakin parah dan diperparah oleh kecanduan heroinnya yang udah tak tersembuhkan.Cobain sendiri sering ngomong ke Courtney kalo dia udah gak kuat sama penderitaannya. Dan emang bener, berapa hari menjelang Cobain bunuh diri, Cobain menghilang, baik dari keluarganya [si Courtney dan Frances Bean, anaknya], dari Nirvana, dan dari pers. Bahkan yang nyariin gak cuman keluarga, malahan orang yang pernah berseteru sama Cobain yaitu Duff McKagan [bassistnya GNR] ikut bantu nyariin Cobain juga. Hingga kemudian mereka menemukan Cobain udah jadi mayat di rumahnya. Tata cara bunuh diri Cobain sendiri masih misterius, namun investigasi aparat setempat menyebutkan bahwa sebelum Cobain menembak kepalanya dengan senapan shoot gun, ia memakai heroin, menuliskan surat surat personal salah satunya untuk teman imajiner Cobain yaitu Bhoddah, memutar piringan hitam lagu REM yaitu Man on The Moon, dan kemudian ... bang !!! ... you're dead.

Saat ditemukan, jasad Cobain udah membusuk, salah satu sisi tengkoraknya hancur lebur oleh peluru kaliber 9 mm, dan wajah Cobain hampir tidak bisa dikenali lagi. Namun yang jelas kematiannya tidak hanya bikin Courtney Love meraung raung diatas jasadnya, namun juga semua orang orang terdekat Cobain juga kehilangan. Dari kedua orang tua Cobain, adik perempuannya, kemudian Kris Novoselic, Dave Grohl dan kawan kawan, serta mantan pacar Cobain yaitu Molly yang datang dan berduka di upacara pemakaman Kurt Cobain. Bahkan disini Kris Novoselic sempat mengatakan sebuah pidato singkat pelepasan yang intinya mengenang Cobain. Kata kata Kris Novoselic yang terkenal ini yaitu "If You Have a Heart and You can play guitar, Then I'ts gonna be a great song". Kemudian kata kata inilah yang jadi quote memorial terhadap karir musik Kurt Cobain. Bahkan pasca meninggalnya Cobain ini, banyak remaja di berbagai belahan dunia yang selain berduka, juga ikutan bunuh diri karena mereka merasa kehilangan pahlawan mereka. Tercatat paling banyak di Australia, dimana hampir sekitar 1000 remaja bunuh diri dalam kurun waktu sebulan semenjak Cobain meninggal.

www.kaskus.us



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar