Dampak negatif Game online

Bookmark and Share
Jika anda termasuk orang yang sangat menggemari permainan “games online” dan menghabiskan banyak waktu untuknya, berhati-hatilah dan mulailah mengenali dampak-dampak berbahaya dari kegemaran anda tersebut. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan lebih cenderung memberikan efek negatif dibanding efek positif. Prinsip ini berlaku untuk semua aktivitas normal. Salah satunya adalah bermain game. 



Terlalu lama main game bisa menurunkan kondisi fisik, dan menyebabkan meningkatnya kejenuhan. Sebuah penelitian sederhana menyebutkan bahwa bermain game lebih dari 2 jam akan menyebabkan keletihan mata. Anda dapat membuktikannya dan jika anda gemar bermain games online tentu anda telah pernah merasakannya. Sekalipun demikian, mata yang lelah terkadang tidak mampu meredam keinginan anda untuk terus bermain.

Bermain game terlalu lama memiliki banyak pengaruh yang buruk bagi kesehatan anda. Berikut beberapa contoh “efek-samping” permainan game online terhadap tubuh . Setelah mengetahui risiko-risiko ini cobalah untuk mengantisipasinya dengan manajemen waktu yang lebih baik.

Dampak terhadap tubuh

1. Kulit dan rambut
Bermain game online yang dilakukan dalam ruangan membuat tubuh anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Sementara sinar matahari pagi mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh, misalnya untuk kulit dan rambut. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan menyegarkan tubuh. Berbeda dengan sinar matahari di sore hari yang hanya akan membakar kulit.

2. Mata
Pengaruh radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Apalagi didukung oleh efek cahaya yang ditampilkan dalam sebuah game. Dalam satu kali penglihatan, efek cahaya yang bisa terjadi bisa mencapai ratusan. Ini biasanya bisa menyebabkan perut mual jika kita terus memaksa mata melihat ke layar TV atau monitor. Dan dengan kurangnya pencahayaan dalam ruangan, ini akan menjadi semakin buruk. Walaupun kenampakan efek-khusus dalam game lebih jelas, namun ini akan menjadikan mata lebih cepat lelah. Anda harus menjaga jarak dari layar monitor, dan istirahatkan mata sebelum dan setelah bermain game dalam waktu yang cukup lama.

3. Hidung
Sering sekali ketika bermain game online kita tidak peduli tentang suhu ruangan. Sekalipun ruangan pengap, anda tetap akan melanjutkan bermain game. Sebenarnya menurut opinin para pakar kesehatan, sirkulasi udara yang baik sangat penting.

4. Telinga
Pemain game online biasanya lebih senang bermain dengan menggunakan headset. Karena dengan memakai headset, suara yang didengar lebih tajam dan tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Tetapi perlu diingat, telinga memiliki batas toleransi terhadap suara-suara yang didengar. Ketika menggunakan headset dan volume suara tinggi, bisa menyebabkan masalah pada gendang telinga. Belum lagi dalam sebuah permainan terkadang distorsi suara dijadikan sebagai efek suara. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga, juga pada otak. Jadi penggunaan headset hanya baik jika volume suara sedang. Memang volume yang rendah akan mengurangi kenikmatan dalam bermain game, tetapi itu lebih aman.

5. Jantung
Pengaruh main game online terhadap jantung bisa menimpa orang-orang yang lemah terhadap kejutan, yang lazimnya ditampilkan dalam game-game yang bertema horor. Bagi anda yang lemah jantung hindari main game yang bertema horor.

Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh main game

6. Osteoporosis
Terlalu lama bermain game menyebabkan aktivitas tubuh menurun. Ini bisa menyebabkan osteoporosis, atau kerapuhan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua karena tulangnya kekurangan kalsium. Tetapi di era moderen ini, orang yang mengalami osteoporosis di usia muda sudah banyak. Perhatikan bahwa pola makan yang tidak teratur, dan kurang aktivitas, menjadi penyebab utama.

7. Bawasir
Jika terlalu lama duduk, dan anda kurang minum air, anda akan berisiko untuk mengalami bawasir. Jadi sebelum terlambat, posisikan tubuh anda dengan posisi yang nyaman saat bermain game. Persiapkan alas duduk yang empuk dan hindari alas duduk yang kasar. Dan dari waktu ke waktu gerakkan otot pinggul agar tidak kaku. Selain itu minum banyak air saat duduk lama di depan komputer.

8. Obesitas
Makan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan saat bermain game. Akan tetapi jika terlalu banyak makan, dan sudah menjadi kebiasaan, obesitas adalah risikonya. Untuk menghindari ini, hindari minuman dan makanan dengan kandungan MSG tinggi. Untuk lebih amannya, jangan makan terlalu banyak saat bermain game. Tetapi jika sulit dihindari, lebih baik mengganti makanan dengan buah-buahan.

9. Sindrom Carpal Tunnel
Bermain game online paling banyak menggunakan “mouse” dan memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan. Akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan sindrom Carpal Tunnel. Jika anda sering merasakan sakit pada pergelangan tangan, tidak kuat menggenggam, atau “mati rasa”, misalnya benda sering terlepas tanpa disadari dari genggaman, maka anda telah mengalami gejala sindrom carpal tunnell dan jika dibiarkan tidak diobati akibat terburuknya adalah kelumpuhan total dan amputasi tangan. (insya Allah akan dibahas secara khusus pada postingan selanjutnya).

Tip-tip menjaga keseatan

10. Hindari makan saat bermain game
Seperti telah disebutkan diatas, kebiasaan makan saat bermain game bisa menyebabkan obesitas. Karena ketika bermain game kita sering tidak menyadari jumlah makanan yang kita makan. Dan hindari kondisi-kondisi dimana tubuh kekurangan aktivitas. Menurut ilmuwan medis, obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit yang sangat merusak bagi tubuh. Batasi terlalu banyak junk-food ketika bermain game, atau ganti dengan makanan bergizi seperti buahbuahan. Juga tingkatkan minum air biasa.

11. Meningkatkan aktivitas tubuh
Olahraga merupakan aktivitas yang baik setelah anda lama bermain game. Ini bisa membuat otot yang kaku menjadi normal kembali dan membuat tubuh anda lebih segar. Dan lemak dari makanan yang dimakan bisa dikurangi. Atau jika anda malas beraktivitas di luar rumah karena hujan misalnya, lakukan gerakan-gerakan senam yang sehat.

semoga bermanfaat



Baca juga yang lain :



2 komentar:

pondokinfo.com mengatakan...

sebagai org yg pernah kecanduan game online, saya tambahin efek game online ya gan...
berdasarkan pengalaman, game online bs bikin kita lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, lupa ibadah, lupa kekantor/sekolah & rela untuk ngeluarin duit buat beli gold biar bs cpt ngembangin ID kita.
tp seru jg sih krn bs punya banyak temen & anehnya bisa kompak meski ga kenal ato ga pernah ketemu antara pemain satu dgn lainnya :)
kl skrg saya udah tobat ga mau main game online lg termasuk yg ada di FB.
keep posting & selalu berkarya dimanapun kita berada :D

yupazq mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Poskan Komentar