10 Pelukis terbaik Dunia

Bookmark and Share
1.Michaelangelo Buonarroti


Atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni (dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Perancis disebut Michel-Ange, yang kurang lebih berarti Malaikat Mikail) (6 Maret, 1475 - 18 Februari, 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaissance.
Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Sistine's Chapel.




2.Rembrandt Harmenszoon van Rijn


(15 Juli 1606 – 4 Oktober 1669) adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis terbesar dalam sejarah seni Eropa. Rembrandt dikenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberikan efek tertentu di dalam lukisan.
Rembrandt juga sering membuat karya-karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar terhadap seni rupa terjadi pada era keemasan Belanda (sekitar abad 17)


3.Pablo Ruiz Picasso

>
(lahir 25 Oktober 1881 – meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20. Jenius seni yang cakap membuat patung, grafis, keramik, kostum penari balet sampai tata panggung. Lahir di Malaga, Spanyol 25 Oktober 1881 dengan nama lengkap Pablo (or El Pablito) Diego José Santiago Francisco de Paula Juan Nepomuceno Crispín Crispiniano de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz Blasco y Picasso López. Ayahnya bernama Josse Ruiz Blasco, seorang profesor seni dan ibunya bernama Maria Picasso Lopez.


4.Leonardo da Vinci



(lahir di Vinci, propinsi Firenze, Italia, 15 April 1452 – meninggal di Clos Lucé, Perancis, 2 Mei 1519 pada umur 67 tahun) adalah arsitek, musisi, penulis, pematung, dan pelukis Renaisans Italia. Ia digambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal. Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti Jamuan Terakhir dan Mona Lisa. Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, sebagai contoh ide-idenya tentang tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna.Selain itu, ia juga turut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan juga kuliner.




5.J. M. W. Turner


Joseph Mallord William Turner RA (1775 -1851) adalah seorang pelukis pemandangan Romantis Inggris, watercolourist zaman Renaisans. Turner dianggap sebagai tokoh kontroversial pada zamannya, namun kini dianggap sebagai seniman yang tinggi lukisan pemandangan ke rivalling eminensia lukisan sejarah.Walaupun terkenal karena lukisan minyak, Turner juga merupakan salah satu guru terbesar cat air Inggris lanskap lukisan. Dia dikenal sebagai "pelukis cahaya"dan karya-karyanya dianggap sebagai pengantar Romantis impresionisme.



6.Donatello


Donatello (Donato di Niccolò di Betto Bardi; c. 1386 – 13 Desember 1466) adalah artis dan skulptor Italia pada zaman Renaissance awal. Ia terkenal atas karyanya, basso rilievo.
Donatello meninggal di Florence tahun 1466 dan dikubur di Basilika San Lorenzo.


7.Claude Monet(1840-1926)



Monet lahir dari pasangan Adolphe dan Louise-Justine Monet di 45 Rue LaffitteAwal April 1851 Monet memasuki sekolah Le Havre. Ia segera terkenal dengan karikatur-karikatur carchoalnya, yang sering dipajang dan dijual seharga 10 hingga 12 francs
ia meninggal akibat katarak pada tanggal 5 Desember 1926 pada umur 86 dan dikuburkan di pemakaman gereja Giverny


8.Auguste Rodin(1840-1917)


adalah seorang pematung Perancis. Meskipun umumnya dianggap Rodin nenek moyang patung modern, ia tidak berangkat untuk memberontak terhadap masa lalu. Ia dididik secara tradisional, pengrajin mengambil pendekatan seperti pekerjaannya, dan pengakuan akademis yang diinginkan, meskipun dia tidak pernah diterima di sekolah terkemuka seni Paris. Ia memiliki kemampuan unik untuk model yang kompleks, bergolak, sangat mengantongi permukaan tanah liat. Bakat Rodin yang menonjol adalah patung dikritik terus terang selama masa hidupnya.

9.Jan Van eyck (1390-1441)



adalah seorang pelukis Flemish aktif di Bruges dan dianggap salah satu yang terbaik di Eropa Utara pelukis dari abad ke-15.




10.Pieter Pauwel (Peter Paul) Rubens(1577–1640)


adalah seorang pelukis. Banyak orang melihatnya sebagai salah satu pelukis Flem dan Eropa paling terkenal pada abad ke-17. Ia melukis dengan gaya Baroque. Banyak lukisannya memiliki sentuhan sensual, beberapa diantaranya dianggap erotis.



Baca juga yang lain :



3 komentar:

wanz mengatakan...

ho ho.,.,,,.

Anonim mengatakan...

I speak inglish yay

Blogger mengatakan...

FreedomPop is Britian's #1 FREE mobile phone provider.

Voice, SMS & data plans costing you £0.00/month (100% FREE CALLS).

Posting Komentar