Asal Usul dan Jenis-jenis Bunga Sakura

Bookmark and Share
Bunga Sakura adalah bunga yang paling banyak dijumpai di Jepang sekaligus menjadi bunga nasionalnya. Asal-usul kata “sakura” adalah kata “saku” (bahasa Jepang untuk “mekar”) ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak “ra”. Dalam bahasa Inggris, bunga sakura disebut cherry blossoms.

Warna bunga tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih dengan sedikit warna merah jambu, kuning muda, merah jambu, hijau muda atau merah menyala.

Bunga digolongkan menjadi 3 jenis berdasarkan susunan daun mahkota:

-bunga tunggal dengan daun mahkota selapis
-bunga ganda dengan daun mahkota berlapis
-bunga semi ganda

Pohon sakura berbunga setahun sekali, di pulau Honshu, kuncup bunga sakura jenis someiyoshino mulai terlihat di akhir musim dingin dan bunganya mekar di akhir bulan Maret sampai awal bulan April di saat cuaca mulai hangat.



Di Jepang, mekarnya sakura jenis someiyoshino dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikit demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.

Setiap tahunnya pengamat sakura mengeluarkan peta pergerakan mekarnya bunga sakura someiyoshino dari barat ke timur lalu utara yang disebut sakurazensen. Dengan menggunakan peta sakurazensen dapat diketahui lokasi bunga sakura yang sedang mekar pada saat tertentu.

Penggunaan

Daun dan bunga sakura yang sudah direndam di dalam air garam (shiozuke) dimanfaatkan untuk bahan makanan karena wanginya yang harum. sakura mochi adalah kue moci yang dibungkus daun sakura. Ada juga es krim dan kue kering rasa bunga sakura. Teh bunga sakura umumnya diminum pada kesempatan istimewa seperti pesta pernikahan. Ranting dan kuncup bunga sakura juga digunakan sebagai bahan pewarna alami.

Jenis-jenis bunga Sakura

Bila dilihat sekilas, bunga sakura nampak hampir sama satu dengan yang lainnya. Ternyata terdapat banyak macamnya, lebih dari 300 jenis. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

1. YAMA ZAKURA

Ini adalah bunga sakura orisinil (asli), sebelum dilakukan berbagai hasil persilangan yang jenisnya sekarang mencapai 300 varities


2. OSHIMA SAKURA

Walau terkesan sama2 berwarna putih seperti foto no. 1 …, namun bila dilihat dengan seksama banyak sekali perbedaannya …


3. SURUGA DAI NIOI ZAKURA


4. SOMEI YOSHINO


5. KOTO HIRA ZAKURA


6. ICHI HARA TORA NO O


7. AMERIKA SAKURA.
Sakura inilah yang banyak tumbuh di negara Paman Sam, Amerika


8. MIKURUMA GAISHI


9. EDO SAKURA


10. ICHIO SAKURA


11. CHOSYU HIZAKURA


12. Matsumae Hayazaki Sakura


13. BAIGOZI JUZU KAKE SAKURA.
Konon sakura ini memiliki 200 helai/kuntum bunga


14. KANZAN ZAKURA


15. FUGENZO SAKURA


16. KENROKUEN KIKU ZAKURA


17. SHOGETSU SAKURA


18. GYOIKO


19. KANHI ZAKURA


Tempat-tempat Terbaik untuk Melihat Bunga Sakura

Di tahun 1990, Asosiasi Bunga Sakura Jepang (Japan Cherry Blossom Association) mengeluarkan daftar 100 tempat terpilih untuk melihat keindahan bunga Sakura.

Daerah Kanto:

Tokyo: Taman Ueno (Taito-ku), Taman Shinjuku-gyoen (Shinjuku-ku), Taman Sumida (Sumida-ku), Taman Koganei (kota Koganei), Taman Inogashira (kota Musashino)
Daerah Tokai:

Prefektur Gifu: Taman Usuzumi/Neodani (kota Motosu), Pinggir Sungai Shinsakai (kota Kakamigahara), Kamagatani (kota Ikeda)
Daerah Kansai:

Prefektur Osaka: Taman Istana Osaka (Osaka), The Mint Bureau (Osaka), Taman Expo ’70 (kota Suita)
Prefektur Hyogo: Taman Istana Himeji (kota Himeji), Taman Akashi (Kota Akashi), Taman Shukugawa (Nishinomiya)
Prefektur Nara: Taman Nara (kota Nara), Pegunungan Yoshino (kota Yoshino), Taman Kooriyamajoshi (Yamato Kooriyama)

 Sumber: wikipedia, ayakamariko.wordpress.com



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar