Keindahan-Keindahan Fraktal yang ditemukan di Alam

Bookmark and Share


fraktal adalah bentuk geometri kasar atau patah yang dapat dibagi menjadi beberapa bagian bentuk/fraktal aslinya dengan ukuran yang diperkecil. Berbagai jenis fraktal pada awalnya dipelajari sebagai benda-benda matematis. Geometri fraktal adalah cabang matematika yang mempelajari sifat-sifat dan perilaku fraktal. Fraktal bisa membantu menjelaskan banyak situasi yang sulit dideskripsikan menggunakan geometri klasik, dan sudah cukup banyak diaplikasikan dalam sains, teknologi, dan seni karya komputer.Pada banyak kasus, sebuah fraktal bisa dihasilkan dengan cara mengulang suatu pola, biasanya dalam proses rekursif atau iteratif.

Sifat fraktal yang menunjukkan kemiripan geometris pada skala pengukuran yang berbeda. fraktal terdapat di lingkungan sekitar kita. Awan-awan yang senantiasa bergerak di angkasa, deretan pegunungan, alur sungai-sungai, hingga ranting pohon menunjukkan sifat fraktal. Bahkan bentuk fisiologis paru-paru kita menyimpan struktur fraktal di dalamnya.

Fraktal membawa pemahaman yang baru tentang bentuk dan pengukuran atas alam dan sekitar kita. Berikut adalah tujuh belas contoh menakjubkan yang ditemukan di alam:

Sea Shells ( Kerang Laut)


Nautilus adalah salah satu contoh yang paling terkenal dari sebuah fraktal di alam.
Chambers dari nautilus shell adalah contoh dari Pola yang sempurna disebut spiral fibonacci.

Snow flake ( Serpihan Salju)

Proses Pembentukan Kristal Salju Koch

Kepingan salju adalah konglomerasi dari kristal es beku yang jatuh melalui atmosfer bumi .Dimulai sebagai dua salju kristal yang berkembang saat mikroskopis sangat dingin dari tetesan awan beku . Kepingan salju berasal dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bentuk yang kompleks muncul sebagai serpihan bergerak melalui temperatur dan kelembaban yang berbeda.Masing-masing kepingan salju mempunyai struktur yang unik.

Lightning (Petir)


Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh.Kekuatan dahsyat yang dihasilkan petir sangat mengagumkan dan indah. Keindahan fraktal diciptakan oleh kilatan petir yang menyebar dan tidak teratur.

Romanescu


Jenis khusus dari brokoli, ini sepupu silangan dan lezat dari kubis adalah fraktal sangat simetris. adalah sayuran bunga yang masih merupakan variasi dari kubis bunga.Sayuran ini menyerupai kubis bunga namun berwarna hijau dan tonjolan-tonjolan yang ada pada permukaannya menjadikannya populer sebagai salah satu contoh permainan fraktal yang ditemukan di alam. fraktal Romanesco kembang kol, yang merupakan lintas antara brokoli dan kubis bunga, yang menekankan pola spiral besar fraktal di atas.

Fern (Pakis)


Tanaman pakis mempunyai kekuatan pada struktur batang dan daun yang keras. Disitu baik dari batang tangkai daun hingga daun menyimpan satu potensi kelebihan tersendiri.
Pakis adalah salah satu dari banyak flora yang fraktal, itu adalah contoh sangat baik.Pola daun pakis tersebut dari daun terkecil sampai percabangan tanaman bentuknya sama dan berulang

Queen Anne's Lace (Renda Ratu Anne)


Queen Anne's Lace merupakan wortel liar, adalah contoh fraktal yang indah dari bunga.
Setiap mekar menghasilkan iteratif lebih kecil.
dilihat dari bawah tanaman ini menunjukkan sifat fraktal tanaman.
Wortel liar diperkenalkan dan dinaturalisasi di Amerika Utara , di mana ia sering dikenal sebagai " Queen Anne lace '".Hal ini disebut demikian karena bunga menyerupai renda, bunga merah di tengah merupakan tetesan darah di mana Queen Anne dirinya ditusuk dengan jarum ketika dia sedang membuat renda. Fungsi bunga merah kecil, diwarnai oleh antosianin , adalah untuk menarik serangga.

Broccoli (Brokoli)


Bagian brokoli terdiri dari kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan.Meskipun tidak terkenal geometrik sebagai relatif yang dimiliki oleh Romanescu, brokoli juga merupakan sebuah fraktal.

Peacock (Merak)


Merak adalah tiga spesies burung dalam genus Pavo dan Afropavo dari familia ayam hutan (pheasant), Phasianidae. Burung jantannya memiliki bulu ekor yang indah yang dapat dikembangkan untuk menarik perhatian merak betina.merak jantan putih dan merak jantan berbagai jenis adalah contoh gemilang dari fraktal dalam kerajaan hewan. Trivia: merak putih bukan merupakan hewan albino.

Pineapple (Nanas)


nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay.setiap 'sisik' pada kulit buahnya yang dalam perkembangannya tergabung bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk menjadi satu 'buah' besar,merupakan keindahan fraktal pada buah tersebut

Clouds (Awan)


Awan adalah massa terlihat dari tetesan air atau beku kristal yang berada di atmosfer di atas permukaan bumi .Fraktal awan dapat kita lihat setiap saat,maka kita dapat melihat pola-pola yang terbentuk oleh awan.

Crystals (Kristal)


Kristal adalah suatu padatan yang atom, molekul, atau ion penyusunnya terkemas secara teratur dan polanya berulang melebar secara tiga dimensi.
Secara umum, zat cair membentuk kristal ketika mengalami proses pemadatan.

Mountain ranges (Deretan Pegunungan)

Model fraktal untuk permukaan gunung
Pegunungan merupakan kumpulan atau barisan gunung yang membentuk sebuah pola fraktal yang menakjubkan

Trees and Leaves ( Pohon dan Daun)


Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan dengan batang dan cabang.Bentuk daun sangat beragam, namun biasanya berupa helaian, bisa tipis atau tebal. Gambaran dua dimensi daun digunakan sebagai pembeda bagi bentuk-bentuk daun. Bentuk dasar daun membulat, dengan variasi cuping menjari atau menjadi elips dan memanjang. Bentuk ekstremnya bisa meruncing panjang.
Banyak bunga dan tanaman mengikuti pasterns Fibonacci fraktal atau urutan. Cactus, misalnya, fraktal dan kadang-kadang beberapa bunga mengikuti deret Fibonacci:

Shorelines ( Garis Pantai)


Garis pantai adalah batas pertemuan antara bagian laut dan daratan pada saat terjadi air laut pasang tertinggi dan merupakan fraktal yang rumit dan memukau

Rivers and fjords( sungai dan fjord)


Sungai merupakan sejenis saluran air tabii yang besar. Sumber sungai boleh jadi dari tasik, mata air ataupun anak-anak sungai.pola aliran inilah yang membentuk sebuah fraktal yang indah.Fjords terbentuk ketika gletser memotong lembah berbentuk U dengan abrasi dari batuan dasar sekitarnya

Sea urchins and sea stars( Landak laut dan bintang laut)


Starfish mengekspresikan pentamerism atau simetri pentaradial. Namun, nenek moyang evolusi echinodermata diyakini memiliki simetri bilateral .Bintang laut, serta echinodermata lainnya, melakukan bilateral simetri pameran, tetapi hanya sebagai bentuk larva.Seperti echinodermata lainnya, bulu babi/landak laut memiliki simetri lima kali lipat.Hal ini paling jelas dalam "biasa" bulu babi, yang memiliki tubuh kasar bulat, dengan lima bagian berukuran sama memancar keluar dari sumbu pusat.

Stalagmites and stalactites( Stalagmit dan stalaktit)


Stalaktit terbentuk dari tetesan air di langit gua yang mengkristal. Bentuknya seperti kerucut yang terbalik. Sedangkan Stalagmit terbentuk dari tetesan air yang jatuh ke lantai gua.

sumber



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar