Ikan Koi, Sejarah dan Asal-usulnya

Bookmark and Share

Ikan koi berasal dari ikan mas. Ikan ini adalah ikan nasional Jepang. Di Negara Jepang sendiri,koi diangap sebagai ikan dewa. Di negari tersebut koi disebut kai yang artinya ikan berwarna. Banyak versi yang berkembang mengenai asal usul koi. Salah satunya berasal dari Persia, lalu dibawa ke Jepang oleh orang China melalui daratan China dan Korea.

Koi dari Jepang pertama kali diekspor ke San Fransisco, Amerika Serikat tahun 1938. Setelah itu berturut-turut dikirim ke Hawaii (1947), Kanada (1949), dan Brazil (1953). Sedangkan masuk ke Indonesia diperkirakan tahun 1981-1982 dibawa oleh Hany Moniaga, hobiis yang tinggal di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Ia kemudian mengembangkan peternakan koi yang diberi nama Leon dan Leonny. Koi pertama itu panjangnya 90-100 cm, berumur 50-75 tahun. Sejak itulah koi populer di Indonesia dan belakangan menjadi buruan hobiis (penghobi) hingga saat ini.
Ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Makanannya tidak selalu harus spesial karena termasuk binatang pemakan tumbuh-tumbuhan dan hewan (omnivora). Pellet merupakan santapan utama, tapi saat ikan mengikuti kontes, koi akan mendapat makanan tambahan dan doping khusus untuk menguatkan warna tubuhnya dalam masa karantina. Selain itu, sayur-sayuran seperti kangkung atau buah-buahan, misalnya jeruk, bisa diberikan pada koi.

sumber:http://surabayapost.co.id



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar