Lima Cara Mencintai Diri Sendiri

Bookmark and Share
Meski-pun Anda memiliki keluarga, teman-teman, dan kekasih yang mencintai dengan sepenuh hati, semua itu tidak berarti jika Anda tidak mampu mencintai diri sendiri. Kurangnya harga diri bisa membuat Anda merasa tidak pantas dicintai oleh siapa pun, termasuk diri sendiri.

Mulai sekarang, belajarlah untuk mencintai diri apa adanya. Berikut ini adalah langkah demi langkah yang patut dicoba untuk melakukannya:


1. Afirmasi
Afirmasi berupa penyataan positif tentang diri sendiri yang diucapkan berulang kali setiap hari, mampu meningkatkan rasa percaya diri. Contohnya, Anda bisa mengatakan, ''Aku cantik,'' atau, ''Aku perempuan sukses.'' Pokoknya, ucapkan kalimat apa saja yang ingin Anda aplikasikan pada diri sendiri.

2. Daftar kelebihan
Ketika Anda tidak mencintai diri sendiri, hal itu sering disebabkan karena Anda hanya memikirkan hal-hal buruk yang melekat di diri. Untuk mengatasi perasaan itu, Anda membutuhkan pengingat bahwa ada juga hal-hal baik dalam diri Anda.

Coba buat daftar tentang kualitas-kualitas baik yang Anda miliki, atau tanya teman tentang hal-hal yang mereka sukai dari diri Anda. Anda juga bisa menyimpan daftar pujian yang pernah Anda terima. Setiap kali merasa terpuruk, Anda bisa membaca kembali daftar tersebut untuk memperbaiki suasana hati.

3. Singkirkan negativitas
Tanpa disadari, negativitas mungkin telah menguasai kehidupan Anda. Coba perhatikan setiap kali Anda mengucapkan sesuatu bernada negatif tentang diri sendiri. Misalnya, ketika mencoba baju baru, Anda berpikir betapa besarnya lengan Anda atau betapa tidak proporsionalnya tubuh Anda. Ketika ingin mengutarakan pendapat pun Anda ragu-ragu, karena berpikir kolega atau bos Anda akan berpikir pendapat itu dangkal.

Jika Anda menemukan diri sering mengucapkan atau membantin tentang sesuatu yang negatif, ubah segera kalimat itu menjadi pernyataan positif. Semakin banyak pernyataan positif yang Anda ucapkan pada diri sendiri, semakin mudah untuk mencintai diri sendiri.

4. Ubah diri
Anda mungkin memiliki beberapa hal yang dibenci dari diri sendiri, tapi masih berada dalam kendali Anda. Contohnya, Anda mungkin ingin menurunkan beberapa kilogram berat badan atau ingin meraih pekerjaan impian. Nah, jangan hanya berpangku tangan. Mulai sekarang, ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan demikian, Anda akan segera merasa lebih baik tentang diri sendiri.

5. Waktu untuk diri sendiri
Kadang, Anda bisa merasa terlalu sibuk mengurus orang lain atau sesuatu sehingga merasa tidak memiliki waktu untuk diri sendiri. Sangat penting bagi setiap orang untuk menyisihkan waktu khusus bagi dirinya sendiri. Misalnya untuk sekadar berlatih yoga, berjalan-jalan di taman, membaca buku bagus, atau menikmati es krim favorit. Semua hal yang Anda lakukan itu, dapat membantu meningkatkan hubungan dengan diri sendiri.

sumber:http://www.mediaindonesia.com



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar