Tujuh Manfaat Air Putih Bagi Tubuh

Bookmark and Share
Air adalah salah satu unsur dominan dalam tubuh manusia. Sekitar 60-70 persen tubuh manusia terdiri dari cairan. Maka, tubuh sangat butuh cairan. Air
putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Berikut tujuh manfaat air putih bagi tubuh.

1 Menurunkan berat badan
Air putih membantu merasa kenyang dan melancarkan metabolisme. Ganti minuman soda atau manis yang sarat kalori dengan air. Minumlah air putih sebelum makan untuk membantu merasa lebih kenyang. Terutama jika minum minuman dingin. Tubuh harus bekerja untuk menghangatkan air. Ini akan membakar kalori lebih banyak daripada air biasa.

2 Meningkatkan Energi
Jika anda merasa lelah dan habis, pulihkanlah dengan air. Dehidrasi alias kekurangan cairan membuat tubuh merasa lelah. Air membantu transportasi oksigen darah dan nutrisi penting lainnya ke sel-sel tubuh. Jika tubuh cukup air, jantung kerja lebih santai untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

3 Menurunkan stres
Sebagian besar otak adalah air. Sebanyak 85 persen dari jaringan otak terdiri dari air. Jika kekurangan air, tubuh dan pikiran akan stres. Jika anda merasa haus, artinya anda sudah sedikit dehidrasi. Siapkanlah selalui air, untuk mencegah stres.

4 Membangun Otot
Minum air membantu mencegah kram otot. Air menjadi pelumas bagi sendi dalam tubuh. Bila tubuh cukup cairan, Anda bisa berolah raga lebih lama dan lebih berat.

5 Memelihara Kulit
Garis-garis halus dan kerutan akan lebih jelas ketika tubuh kekurangan cairan.
Air adalah krim alami untuk kecantikan sendiri. Minum air akan memperbaiki sel-sel kulit dan membuat wajah tampak lebih muda. Air juga mengeluarkan kotoran dan meningkatkan sirkulasi dan aliran darah. Sehinga meninggalkan wajah bersih dan bercahaya.

6 Membantu pencernaan
Selain serat, air sangat penting untuk pencernaan yang baik.
Air membantu melarutkan partikel limbah dan memprosesnya dengan lancar melalui saluran pencernaan Anda.

Jika tubuh dehidrasi, tubuh menyerap semua air, membuat usus besar jadi kering dan membuat partikel limbah susah diproses.

7 Melarutkan Batu Ginjal
Batu ginjal akan meningkat tubuh tak cukup minum cukup air.
Air berguna mencairkan garam dan mineral dalam urin yang membentuk kristal padat yang dikenal sebagai batu ginjal.
Batu ginjal tidak dapat terbentuk dalam urin, jika tubuh cukup air. Dengan cukup air, resiko terkena batu ginjal akan berkurang.



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar