Alasan Alis Tidak Tumbuh Sepanjang Rambut di Kepala

Bookmark and Share
Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.

Bentuk alis mata pada manusia biasanya bagaikan bulan sabit dengan lengkungan agak tajam di bagian pelipis. Tidak jarang juga dijumpai orang dengan alis mata bagian kiri dan bagian kanan yang bersambung menjadi satu.

Bentuk alis mata dan arah tumbuh rambut pada alis dimaksudkan agar keringat atau air bisa mengalir ke kening dan jatuh ke pipi, atau ke arah pipi melewati puncak hidung. Bentuk tulang dahi pada bagian alis mata juga ikut melindungi mata dari tetesan keringat dan air.

Alis mata juga berfungsi sebagai penahan berbagai macam kotoran yang bisa memasuki mata, seperti pasir, debu, dan ketombe. Selain itu rambut pada alis mata juga menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata, misalnya serangga yang hendak masuk ke mata.
Dalam komunikasi antarmanusia, alis mata merupakan salah satu alat untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, seperti takjub, marah, bingung, atau tidak paham.

Mengapa alis mata tidak tumbuh panjang ..?

Rambut di kepala mempunyai akar rambut yang membuat rambut tersebut tumbuh terus menerus yang jika tidak dipotong akan terus panjang.

Coba perhatikan kalau rambut di cat maka pada suatu saat akan kembali ke warna semula karena bagian yang dicatnya terus terdorong oleh bagian baru yang tumbuh dari akar rambut.

Tapi rambut seperti di alis tidak pernah panjang mencapai panjang yang dicapai rambut kepala karena rambut di alis tumbuh bukan dari akar nya tapi rambut ini tumbuh dari bagian luarnya. Akibatnya hanya akan mencapai batas panjang tertentu. Kalau bagian rambut ini di cat maka pada bagian dasarnya akan tetap berwarna seperti cat rambut sehingga mengakibatkan akan terjadi belang.

Itulah sebabnya pertumbuhan rambut di alis berbeda dengan rambut di kepala kita.



Baca juga yang lain :



1 komentar:

sibutiz mengatakan...

wach,makasih ya ka atas artikelnya menambah pengetahuan banget.....

Posting Komentar