SEJARAH NOKIA DARI MASA KE MASA

Bookmark and Share


SEJARAH NOKIA

Dalam sejarah inovasi NOKIA selama 1,5 abad, mulai dari pabrik penggilingan kertas di Finlandia sampai menjadi pemimpin komunikasi global, di bagi menjadi 4 zaman:


1. Abad Pertama (1865-1967)

Nokia abad pertama mulai dengan pabrik kertas Fredrik Idestam di tepi sungai Nokianvirta. Antara 1865 dan 1967, perusahaan akan menjadi kekuatan industri besar, tetapi butuh merger dengan perusahaan kabel dan perusahaan karet untuk mengatur Nokia Corporation baru di jalan menuju elektronik ...
Sejarah Nokia dimulai pada tahun 1865. Saat itulah Fredrik Idestam membangun sebuah pabrik pulp kayu di tepi jeram Tammerkoski, di Finlandia selatan. Beberapa tahun kemudian, ia membangun pabrik kedua oleh sungai Nokianvirta - tempat yang memberi nama Nokia.

Siapa Idestam Fredrik?


Idestam Fredrik adalah seorang insinyur pertambangan yang membawa proses pembuatan kertas baru yang lebih murah dari Jerman ke Finlandia. Itu ternyata adalah suatu kesuksesan besar. Penemuan Idestam memenangkan medali perunggu di Paris World Exposition tahun 1867, dan ia dianggap sebagai ayah dari industri kertas Finlandia.

1871: Idestam menamai perusahaannya "Nokia Ab".
1898: Finnish Rubber Works didirikan


Eduard Polon mendirikan Finnish Rubber Works, yang kemudian akan menjadi bisnis karet Nokia.
1902: Nokia Ab menambahkan pembangkit listrik untuk kegiatan usahanya.
1912: Finlnish Cable Works didirikan
Arvid Wickström memulai Finnish Cable Works, dasar dari kabel Nokia dan bisnis elektronik.
1937: Mantan atlet gulat Olimpiade Verner Weckman, menjadi Presiden Finnish Cable Works.


Pada tahun 1937, Verner Weckman menjadi Presiden dari salah satu pendiri perusahaan Nokia Corporation, Finnish Cable Works, setelah 16 tahun sebagai perusahaan Direktur Teknik. Weckman sebelumnya telah bekerja sebagai seorang insinyur pertambangan di Rusia pada tahun 1909-1921. Pengetahuan tentang bahasa Rusia dan budaya, serta sambungan industrinya, terbukti penting ketika Finnish Cable Works mulai produk ekspor ke Uni Soviet setelah Perang Dunia Kedua.Weckman juga seorang pegulat kelas ringan tingkat dunia dan orang Finlandia pertama peraih medali emas Olimpiade.
Ia memenangkan Kejuaraan Dunia gulat pada tahun 1905
Dia memenangkan medali emas Olimpiade di gulat pada Olimpiade 1906 di Athena dan di London 1908 Games

Tahukah Anda?:
Finnish Cable Works menyediakan kabel ke Uni Soviet sebagai bagian dari reparasi perang Finlandia setelah Perang Dunia II. Hal ini memberikan perusahaan pijakan yang baik untuk perdagangan nanti

1960: Cable Works mendirikan perusahaan departemen elektronik pertama, menjual dan mengoperasikan komputer.

Departemen elektronik:
Finlandia Cable Works, sudah bekerja sama dengan Nokia Ab dan Finnish Rubber Works, bercabang ke elektronik di tahun 1960-an.
Pada tahun 1962, mereka membuat perangkat elektronik pertama dalam rumah: penganalisis getaran yang dirancang untuk digunakan dalam pembangkit listrik tenaga nuklir .
Keterlibatan perusahaan dengan sistem telekomunikasi juga dimulai pada tahun 60an, dan tahun 1963 mulai mengembangkan telepon radio untuk tentara dan layanan darurat.
Departemen elektronik pergi untuk menjual komputer mainframe dan menjalankan pusat komputer untuk melayani kebutuhan perusahaan TI.
Nokia kemudian membuat:
1. TV - pada tahun 1987 Nokia akan menjadi produsen TV terbesar ketiga di Eropa
2. Komputer - yang MikroMikko menjadi merek komputer terkenal di Finlandia
telepon radio
3.Ttransfer data peralatan
4. Radio link dan analisa
5. pertukaran telepon digital

Nokia mungkin meninggalkan konsumen elektronik pada tahun 1990-an. Namun keahlian telekomunikasi yang dikembangkan dari tahun 1960-an dan seterusnya akan menjadi inti dari kerja di masa depan.

1967: Nokia Ab, Finnish Rubber Works dan Finnish Cable Works bekerja secara resmi bergabung untuk menciptakan Nokia Corporation .

Tiga perusahaan yang bergabung menciptakan Nokia Corporation adalah:

Nokia Ab, Finnish Cable Works, dan Finnish Rubber Works
Perusahaan yang telah dimiliki bersama sejak tahun 1922, resmi bergabung pada tahun 1967. Pada saat itu, Nokia Ab adalah yang terkecil dari tiga tersebut. Saat itu Nokia Corporation baru memiliki lima bisnis:
karet,kabel,kehutanan,elektronik,pembangkit listrik
Setiap bisnis memiliki direktur sendiri yang melaporkan kepada Presiden pertama Nokia Corporation, Björn Westerlund . Sebagai presiden Pekerjaan Kabel Finlandia, ia telah bertanggung jawab untuk menyiapkan perusahaan elektronik pertama departemen , menabur benih-benih itu masa depan Nokia di telekomunikasi.

2. Berpindah ke mobile: 1968-1991

Terbentuk Nokia baru Corporation idealnya diposisikan untuk peran perintis dalam evolusi awal komunikasi bergerak. Sebagai pasar telekomunikasi Eropa deregulasi dan jaringan mobile menjadi global, Nokia memimpin jalan dengan beberapa produk ikonik ...
1979: Perusahaan radio telepon Mobira Oy mulai hidup sebagai perusahaan patungan antara Nokia dan pembuat televisi terkemuka Finlandia Salora.
1981: Nordic Mobile Telephone (NMT), jaringan ponsel internasional pertama dibangun.

Sebuah era baru untuk ponsel mulai tahun 1981, dengan peluncuran layanan Nordic Mobile Telephone (NMT).
Awalnya mencakup beberapa negara-negara Nordik, layanan yang pertama di dunia dengan jaringan selular internasional . Itu juga yang pertama untuk memungkinkan roaming internasional , dan tertangkap di dalam maupun di luar Eropa.
Dengan diperkenalkannya standar NMT, industri telepon seluler mulai berkembang pesat.
Nokia segera memperkenalkan telepon mobil pertama ke jaringan. The Mobira 450 telepon mobil datang pada tahun 1982, diikuti oleh portabel di 1986. Pada saat ini perusahaan juga menyediakan base station dan switch untuk operator jaringan NMT.

Tahukah Anda?:
Walaupun nokia mengambil bisnis telekomunikasi, tetep bisbi kabel dan karetnya masihlah kuat. Salah satu kesuksesan besar di awal 1970an adalah Kontio- sepatu karet yang tersedia dalam berbagai warna dan cocok untuk segala umur.

1982: Nokia membuat saklar digital telepon pertama
The Nokia DX200, digital switch telepon perusahaan pertama, masuk ke dalam operasi.
1984: Nokia meluncurkan ponsel Mobira Talkman portabel.


1987: Nokia meluncurkan Cityman Mobira, telepon genggam NMT pertama.



Ponsel pada zaman itu bentuknya berat, besar dan biasanya permanen terpasang di mobil.
Tapi pada 1987 membuat terobosan: Nokia meluncurkan Cityman Mobira, ponsel genggam pertama untuk jaringan NMT dan model yang menjadi klasik.
Ponsel Nokia mendapat dorongan publisitas besar pada tahun 1987, ketika pemimpin Uni Soviet Mikhail Gorbachev digambarkan menggunakan Cityman untuk membuat panggilan dari Helsinki untuk melayani komunikasi di Moskow. Hal ini menyebabkan kasih sayang nama panggilan telepon dari "Gorba".

The Cityman Mobira 900 beratnya sekitar 800 gram dan memiliki tag harga 24.000 Marks Finlandia (sekitar USD 4.560).

1991: GSM - sebuah standar mobile baru dibuka
Peralatan Nokia yang digunakan untuk membuat panggilan GSM pertama dunia.

Pada tanggal 1 Juli 1991, Perdana Menteri Finlandia Harri Holkeri membuat panggilan GSM pertama di dunia , dengan menggunakan peralatan Nokia.
Itu adalah pilihan yang tepat. Sejak awal, Nokia adalah salah satu pengembang kunci dari teknologi GSM. Itu keahlian dalam standar baru , ditambah dengan deregulasi pasar telekomunikasi Eropa di tahun 1980-an dan 1990-an, adalah menjadi titik tolak kesuksesan internasional.
Spoiler for Apa itu GSM?:

The Global System for Mobile communications (GSM) diadopsi pada tahun 1987 sebagai standar Eropa untuk teknologi mobile digital . Ponsel ini teknologi generasi kedua bisa membawa data serta lalu lintas suara. Panggilan suara berkualitas tinggi, roaming internasional yang mudah dan dukungan untuk layanan baru seperti pesan teks (SMS) meletakkan dasar-dasar untuk sebuah ledakan di seluruh dunia dalam menggunakan telepon selular.
Nokia berada di garda depan pembangunan di GSM, memberikan perusahaan jaringan GSM pertama untuk Finlandia Radiolinja perusahaan pada tahun 1989. Nokia meluncurkan digital genggam telepon GSM pertama , Nokia 1011, pada tahun 1992.
Pada akhir 1990-an, Nokia telah memasok sistem GSM untuk lebih dari 90 operator di seluruh dunia.

Tahukah Anda?:
Nokia adalah produsen pertama yang membuat seri ponsel portable genggam untuk semua standar digital utama , termasuk TDMA, PCN dan Jepang Digital, serta GSM.

3. Revolusi Mobile (1992-1999)

Pada tahun 1992, Nokia memutuskan untuk fokus pada bisnis telekomunikasi. Ini mungkin keputusan strategis yang paling penting dalam sejarah.
Sebagai penerapan pertumbuhan standar GSM, CEO baru Jorma Ollila menempatkan Nokia di kepala booming global industri telepon mobile - dan membuatnya menjadi pemimpin dunia sebelum akhir dekade ...

1992: Jorma Ollila menjadi Presiden dan CEO Nokia, memfokuskan perusahaan pada telekomunikasi.

 Bagaimana telekomunikasi menjadi inti Nokia:


Ketika Jorma Ollila menjadi Presiden dan CEO Nokia pada tahun 1992, perusahaan membuat keputusan strategis penting : untuk fokus pada telekomunikasi dan keluar dari bisnis lainnya.
Selama tahun 1990-an, karet, kabel dan elektronik konsumen divisi secara bertahap dijual sebagai perusahaan pindah ke berkonsentrasi pada komunikasi.
bisnis inti Nokia sekarang:
1. manufaktur ponsel
2. manufaktur sistem telekomunikasi
Strategi ini untuk membuktikan sukses besar, karena visi Jorma Ollila jangka panjang Nokia didorong ke panggung dunia.

1992: Nokia meluncurkan GSM handset pertama, Nokia 1011.


1994: Meluncurkan Nokia 2100, ponsel pertama yang memiliki fitur The Nokia Tune.


Nokia memiliki akar klasik:

The Nokia Tune mungkin salah satu potongan musik yang paling sering diputar di dunia.
Perusahaan memperkenalkannya sebagai nada dering pada tahun 1994 dengan seri Nokia 2100, yang kemudian menjual 20 juta ponsel di seluruh dunia. Target Nokia mencapai 400.000.
lagu ini berasal dari sebuah karya gitar klasik yang disebut Gran Vals , disusun oleh Francisco Tarrega pada abad ke-19.

 Yang mau dengerin Nokia Tune pertama:

The Nokia Tune

Ringtones telah datang jauh sejak 1994, dan ponsel baru ini menawarkan puluhan pilihan dalam berbagai format. Dengan ponsel yang tepat, Anda bahkan dapat membuat sendiri.

1994: telepon satelit pertama di dunia
panggilan satelit pertama di dunia dibuat, menggunakan handset Nokia GSM.
1997: Nokia 6110 adalah ponsel pertama yang memiliki fitur Nokia Snake game.









1998: Nokia menjadi pemimpin dunia dalam ponsel.

Nokia menjadi produsen ponsel terbesar di dunia
Pada tahun 1998, fokus Nokia pada telekomunikasi dan investasi awal dalam teknologi GSM telah membuat perusahaan menjadi pemimpin ponsel di dunia.
Untuk sebagian besar dari sejarah perusahaan telah diekspor ke Eropa, negara-negara Nordik lainnya dan Uni Soviet. Sampai akhir 1991, lebih dari seperempat dari omset masih berasal dari penjualan di Finlandia.
Tapi setelah perubahan strategis 1992, Nokia melihat peningkatan besar dalam penjualan kepada Amerika Utara, Amerika Selatan dan Asia .
Pada tahun 1990-an mereka juga melihat pertumbuhan yang tak tertandingi dalam penjualan global. Antara tahun 1996 dan 2001an, pertumbuhan Nokia meningkat hampir lima kali lipat dari EUR 6,5 miliar ke EUR 31 miliar.

1999: Nokia meluncurkan handset pertama di dunia WAP, Nokia 7110.


4. Nokia saat ini (2000-sekarang)

2002: Nokia meluncurkan perusahaan ponsel 3G pertama , Nokia 6650.



Peluncuran teknologi ponsel 3G ("generasi ketiga") berarti ponsel tidak akan pernah sama lagi.
Nokia meluncurkan ponsel 3G pertama , Nokia 6650, pada tahun 2002. Sebuah tahun vintage untuk inovasi, 2002 juga melihat peluncuran pertama ponsel Nokia dengan built-in kamera , Nokia 7650, dan yang pertama telepon video capture , Nokia 3650.
Dengan 3G, ponsel dapat melakukan lebih dari sekedar membuat panggilan. 3G berarti Anda dapat menggunakan ponsel Anda untuk:
1. download musik
2. membuat panggilan video
3. menonton TV di perjalanan
4. telusuri web

2003: Nokia meluncurkan N-Gage, posel dengan fitur mobile gaming multiplayer


2005: Nokia memperkenalkan generasi berikutnya dari perangkat multimedia, Nokia Nseries.


Sebuah generasi baru dari perangkat multimedia lahir pada tahun 2005 dengan peluncuran Nokia Nseries .
Perangkat yang mudah digunakan menggabungkan teknologi state-of-the-art dengan desain stylish, menciptakan hiburan yang lengkap dan paket komunikasi.
Entah itu mengambil koleksi musik Anda mobile, pemotretan dan editing-panjang video fitur atau menonton TV

Apa yang anda bisa lakukan dengan Nseries


2005: Nokia menjual ponsel ke-semiliar nya - Nokia 1100 - di Nigeria. Pengguna langganan Global telepon selular mencapai 2 miliar.



2006: Olli-Pekka Kallasvuo Nokia menjadi Presiden dan CEO; Jorma Ollila menjadi Ketua dewan Nokia. Nokia dan Siemens mengumumkan rencana untuk Nokia Siemens Networks.


Nokia saat ini:
Hari ini, Nokia masih menjadi nomor satu produsen ponsel di dunia, dan salah satu pembuat terkemuka jaringan mobile.
Sebuah Presiden baru
Pada tahun 2006, Olli-Pekka Kallasvuo, sebelumnya Chief Financial Officer Nokia, mengambil alih sebagai CEO dari Jorma Ollila, yang menjadi ketua Nokia Dewan Direksi.
Langkah berikutnya: Nokia Siemens Networks


Langkah berikutnya dalam evolusi Nokia sudah berjalan. Pada bulan Juni 2006, Nokia dan Siemens mengumumkan rencana untuk menggabungkan jaringan bisnis Nokia dan operasi yang berhubungan dengan pembawa Siemens menjadi sebuah perusahaan baru, yang akan disebut Nokia Siemens Networks.
Seperti penggunaan mobile tumbuh di pasar negara berkembang dunia, Nokia akan terus mengembangkan perangkat mobile yang terjangkau yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi meningkat dan kualitas hidup .
Pada saat yang sama, komunikasi mobile konvergen dengan komputasi, pencitraan digital dan internet, sehingga memungkinkan bagi masyarakat untuk menggunakan perangkat genggam untuk syuting video, mendengarkan musik, bermain game, surfing web dan banyak lagi. Nokia membentuk industri ini berkumpul , mendorong ke depan dengan produk cutting-edge dan pengembangan standar terbuka.
cerita sukses Nokia dibangun pada inovasi konstan. Semua teknologi manusia adalah adalah untuk meningkatkan komunikasi dan mengeksplorasi cara-cara baru untuk bertukar informasi. Itulah sebabnya mengapa Nokia tidak akan pernah berhenti mencari cara baru untuk menghubungkan orang-orang.

2007: Nokia diakui sebagai merek yang paling dihargai kelima di dunia. Nokia Siemens Networks dimulai operasi. Nokia meluncurkan Ovi, merek baru layanan internet-nya.


2008: tiga kelompok bisnis perangkat mobile Nokia dan kelompok-kelompok pendukung horizontal digantikan oleh segmen usaha terpadu, Devices & Jasa.

sumber



Baca juga yang lain :



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar