Negara - Negara Yang dilewati garis khatulistiwa

Bookmark and Share

ekuator atau garis khatulistiwa adalah sebuah garis imajinasi yang digambar di tengah-tengah planet di antara dua kutub dan paralel terhadap poros rotasi planet.Garis khatulistiwa ini membagi Bumi menjadi dua bagian belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°.
Bagian bumi yang dilewati garis khatulistiwa ini kebanyakan samudra.Dan negara - negara yang dilalui garis khatulistiwa adalah:

1. KIRIBATI


Garis khatulistiwa melewati Kiribati yang merupakan negara dengan 33 kelompok atol karang. Kiribati sebelumnya bernama Kepulauan Gilbert. Garis khatulistiwa melintas diantara setiap pulau, melewati antara Aranuka dan Nonouti atol.

Kiribati memiliki perbedaan unik yang tidak hanya di belahan bumi utara dan selatan (berdasarkan split khatulistiwa), tetapi juga yang baik di belahan barat dan timur (berdasarkan yang juga transeksi oleh International Date Line)

2. EKUADOR


Ekuador dilintasi khatulistiwa di pantai barat Amerika Selatan. Garis khatulistiwa melewati bagian utara ibukota Quito, yang dulunya bagian dari kerajaan Inca. Ekuador juga mencakup Kepulauan Galápagos - dan khatulistiwa juga berjalan melalui Isabela Island (pulau terbesar dari Kepulauan Galápagos)

3. COLOMBIA


khatulistiwa di negara ini melalui bagian selatan Kolombia (ujung utara Peru!). Kolombia adalah negara terbesar keempat di Amerika Selatan dan salah satu negara yang paling padat penduduknya (45,7 juta pada tahun 2009). Negara ini memiliki cadangan minyak besar dan merupakan produsen utama emas, perak, platina zamrud, dan batubara.

4. BRAZIL


Selanjutnya, khatulistiwa berjalan melalui bagian utara Brasil, negara ini adalah negara Amerika Selatan terbesar dan paling berpengaruh. Brazil adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dengan jumlah penduduk 193.700.000 (tahun 2009).

Sebagian besar daerah di negara ini adalah hutan hujan Amazon di Brasil dan tentu saja banyak sungai Amazon. garis khatulistiwa melalui beberapa pulau di mulut sungai Amazon.

5. The Democratic Republic of São Tomé and Príncipe


Negara kepulauan ini terdiri dari dua pulau - São Tomé dan Príncipe; bagian paling barat Afrika.

6. GABON


Gabon adalah negara di Afrika Barat dan meskipun memiliki lebih dari 40 kelompok etnis, telah stabil sejak kemerdekaannya dari Perancis pada tahun 1960. Negara ini memiliki populasi sebesar 1,5 juta, sebagian besar Kristen.

7. REPUBLIK KONGO


Saat garis khatulistiwa melintasi benua Afrika, negara selanjutnya yang dilaluinya adalah Republik Kongo. Negara ini telah terganggu oleh kerusuhan sipil dan kudeta. Kota ini memiliki populasi sebesar 3,7 juta (tahun 2009) tetapi harapan hidup hanya 53 untuk pria dan 55 untuk wanita (mungkin sebagai hasil dari semua kerusuhan).

8. REPUBLIK DEMOKRATIK KONGO


Selanjutnya adalah Republik Demokratik Kongo (jangan dikelirukan dengan negara sebelumnya). Ini adalah negara besar dengan banyak sumber daya tetapi telah terlibat dalam konflik selama beberapa tahun. Pemerintah yang didukung oleh Angola, Namibia dan Zimbabwe telah diadu melawan pemberontak yang didukung oleh Rwanda dan Uganda. Kinshasa adalah ibukota Rep Dem Kongo.
Kota ini memiliki populasi sebesar 66 juta (tahun 2009) dengan agama-agama utama yaitu Kristen dan Islam

9. UGANDA


Republik Uganda adalah negara berikutnya yang dilintasi garis khatulistiwa. Ekspor utama uganda adalah kopi. Sejak akhir tahun 1980an, Uganda telah menjadi relatif damai, stabil dan makmur. Sebelum itu di tahun 1970 dan awal 1980-an, Uganda terkenal karena pelanggaran hak asasi manusia.
Garis khatulistiwa tidak hanya melewati Uganda, tetapi juga melalui beberapa pulau di Danau Victoria.

10. KENYA


Kenya adalah tujuan umum untuk liburan safari karena dalam perbatasan itu terdapat Maasai Mara. Great Rift Valley juga berjalan melalui Kenya - itu adalah di sini bahwa beberapa tetap paling awal keturunan manusia berada. khatulistiwa ini berjalan melalui utara Kenya Nairobi.

11. SOMALIA


Garis khatulistiwa selanjutnya berjalan melalui ujung selatan Somalia, Mogadishu selatan dan di utara Kismaayo, sebelum memasuki Samudera Hindia. Somalia memiliki populasi hampir 10 juta.
Somalia memiliki garis pantai lebih dari 3.000 km dan memegang lokasi strategis Tanduk Afrika untuk Bab el Mandeb dan rute Laut Merah dan Terusan Suez.

12. MALDIVES/MALADEWA


garis khatulistiwa berjalan melalui pulau-pulau Maldive yang indah meskipun tidak membelah setiap pulau, dan hanya melewati antara Gaafu Dhaalu Atol dan Gnaviyani Atol. Maladewa adalah sebuah negara kecil di selatan barat daya India.

13. INDONESIA


Pancasila adalah filosofi dasar negara Indonesia yang berasal dari dua kata sansekerta, “panca” artinya lima, dan “sila” artinya dasar.
Indonesia merupakan negara demokrasi yang dalam pemerintahannya menganut sistem presidensiil, dan Pancasila ini merupakan jiwa dari demokrasi. Demokrasi yang didasarkan atas lima dasar tersebut dinamakan Demokrasi Pancasila. Dasar negara ini, dinyatakan oleh Presiden Soekarno (Presiden Indonesia yang pertama) dalam Proklamasi Kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

sumber



Baca juga yang lain :



4 komentar:

BLOGZUHRI.COM mengatakan...

THANKS INFONYA GAN

Unknown mengatakan...

Apa ini betul

Anonim mengatakan...

Halah bacot

Anonim mengatakan...

Iya ini betul krna saya berkerja diTugu khatulistiwa Pontianak monumen garis khatulistiwa

Posting Komentar